LEUKEMIA GRANULOSITIK KRONIK PDF

leukemia granulositik kronik Makalah Leukemia Limfositik Kronik. Makalah Leukemia Limfositik Kronik. Leukemia Myeloid Kronik. ppt LMK. Leukemia. Chronic Myeloid Leukemia (CML) is caused by the BCR-ABL tyrosine kinase, the Leukemia Granulositik Kronik (LGK) disebabkan oleh gen BCR-Abl domain. Hubungan Gambaran Klinis dan Laboratorium Hematologis antara Leukemia Granulositik Kronik Ph (+)/BCR-ABL (+) dengan Bentuk Kelainan Ph/BCR-ABL.

Author: Brazahn Yozahn
Country: Uzbekistan
Language: English (Spanish)
Genre: Love
Published (Last): 18 September 2014
Pages: 193
PDF File Size: 10.56 Mb
ePub File Size: 13.45 Mb
ISBN: 972-3-14898-775-6
Downloads: 29330
Price: Free* [*Free Regsitration Required]
Uploader: Majinn

Bentuk eritrosit yang normal atau nilai MCV-nya masih masuk dalam nilai rujukan dianggap normositik. Diawali dengan splenomegali, kelebihan sel-sel darah yang diproduksi saat keadaan LGK sebagian berakumulasi di limpa.

Berdasarkan skenario, pasien mengeluh lemas sejak 2 bulan SMRS, disertai demam dan keringat dingin pada malam hari. Leukemia myeloid kronis, Ph negatif. Patofisiologi konsep klinis proses-proses granullsitik.

Hal ini ditandai oleh kelainan sitogenetika terdiri dari translokasi timbal balik antara lengan panjang kromosom 22 dan 9 [t 9; 22 ]. Juvenile chronic myeloid leukemia4.

Splenomegali atau perbesaran limpa dapat menyebabkan nyeri pada perut kuadran kiri atas bahkan menjalar ke bahu kiri yang menandakan infark limpa atau bahkan infeksi dan peradangan pada limpa yaitu perisplenitis.

leukemia granulositik kronis dengan AIHA

Umumnya LGK mengenai usia pertengahan dengan puncak umur 45 tahun. Obat ini hanya menyebabkan durasi singkat myelosupresi, dengan demikian, bahkan jika gramulositik sel lebih rendah daripada yang dimaksudkan, menghentikan pengobatan atau mengurangi dosis biasanya mengontrol jumlah darah. Terapi CML tergantung pada fase penyakitnya, meliputi pemberian sitostatika, splenektomi, serta cangkok sumsum tulang.

Gejala non spesifik meliputi kelelahan dan penurunan berat badan dapat terjadi lama setelah timbulnya penyakit. Dalam semua 3 fase, terapi suportif dengan transfusi sel darah merah atau platelet dapat digunakan untuk meringankan gejala dan meningkatkan kualitas hidup.

Penghentian obat pada pasien ini biasanya diikuti oleh kambuh, menunjukkan bahwa imatinib gagal untuk membasmi sel-sel induk leukemia pada pasien ini. Granulositii keluhan tersebut merupakan gambaran hipermetabolisme akibat proliferasi sel-sel leukemia. Pasien yang lebih muda mungkin mengalami bentuk yang lebih agresif dari CML, seperti pada fase akselerasi atau krisis blast.

Penyakit Leukemia Full description. Tonggak terapi standar yang ingin dicapai adalah sebagai berikut: Pasien mengaku tidak ada riwayat paparan radioaktif.

  AUTOGENI TRENING KNJIGA PDF

Leukosit yang diproduksi saat keadaan LGK adalah abnormal, tidak menjalankan fungsi imun yang seharusnya. Perbedaan reaksi leukemia dan leukemia kronik Reaksi Leukemoid Etiologi jelas Tidak ada splenomegali Jarang disertai anemia Tidak disertai trombositopenia Tidak dijumpai basofilia, eosinofilia, atau Leukemia Kronik Etiologi tidak jelas Dijumpai splenomegali Disertai anemia Dapat disertai trombositopenia Sering dijumpai basofilia, granulowitik, monositosis monositosis Aktivitas Neutrofil Alkaline Phosphatase Aktivitas NAP rendah NAP meningkat Sumsum tulang hiperplastik, penekanan aktivitas seri lain 2.

Ketika sudah pecah maka terjadi infark limpa Prognosis Secara historis, kelangsungan hidup rata-rata pasien dengan CML adalah tahun dari saat diagnosis. Dengan presentasi yang lebih kecil, penyakit ini dapat pula menimpa semua kalangan umur. Dampak kedua mekanisme di atas adalah terbentuaknya klon-klon abnormal yang akhirnya mendesak system hematopoiesis lainnya.

leukemia granulositik kronis dengan AIHA

Apakah disertai dengan turunnya berat badan secara drastis? Hitungan darah awal sel dimonitor setiap minggu, dan dosis disesuaikan tergantung pada jumlah Lfukemia dan platelet. Pada beberapa pasien yang ada dalam fase akselerasi, atau fase akut dari penyakit melewatkan fase kronisperdarahan, petechiae, ekimosis dan mungkin merupakan gejala menonjol.

Penyakit ini ditandai dengan adanya pengerasan sumsum tulang belakang karena sel-sel stem yang ada di dalam sumsum tulang secara abnormal tumbuh dan berproliferasi menjadi sel-sel fibrosa yang kemudian membentuk jaringan ikat. Keluhan yang sering dijumpai: Fase kronik stabil atau fase awal.

Riwayat Penyakit Sekarang – Lemas disertai demam dan keringat dingin pada malam hari. Reaksi leukemia limfositik dapat terjadi pada tuberkulosis, pertusis, dan mononukleus infeksiosa sehingga sering pada anak-anak namun dapat hilang dengan sendirinya. Nyeri perut kuadran kiri atas bahkan menjalar ke bahu kiri digambarkan sebagai nyeri dengan kualitas “mencengkeram” mungkin terjadi akibat infark limpa.

Kadang timbul nyeri seperti diremas diperut kanan atas akibat peregangan kapsul limpa. Clinical hematology and fundamentals of hemotasis.

Kromosom ini dihasilkan dari translokasi t 9;22 q23;q11 antara kromosom 9 dan 22, akibatnya bagian dari protoonkogen Abelson ABL dipindahkan pada gen BCR di kromosom 22 dan bagian kromosom 22 pindah ke kromosom 9. Pada translokasi Ph, ekson 5 BCR berfusi dengan ekson 3 ABL menghasilkan gen khimerik untuk mengkode suatu protein fusi berukuran kDa p yang memiliki aktivitas tirosin kinase melebihi produk ABL kDa yang normal.

  LOUIS ANDRIESSEN WORKERS UNION PDF

Riwayat Obat-obatan Pemeriksaan Pemeriksaan Fisik – – – Mata Pada pasien ditemukan konjungtiva anemia dan sklera non-ikterik Leher Leher pasien normal tidak ada perbesaran kelenjar tiroid dan kelenjar getah bening, tidak ada benjolan dan tanda-tanda radang PF thorax inspeksi, palpasi, perkusi, auskultasi Dalam batas-batas normal PF abdomen Pada pasien ditemukan splenomegali schuffner 3, hepar dan organ lain dalam batasbatas normal.

Hasil pengobatan tidak memuaskan, dan kebanyakan pasien menyerah pada penyakit sekali fase ini berkembang. Ada rasa sakit di perut kuadran kiri atas atau sakit di bahu kiri? Dalam batas-batas normal Splenomegali adalah penemuan fisik yang paling umum pada pasien dengan leukemia myelogenous kronis CML. Manifestasi dari blast krisis granullositik dengan leukemia akut.

Terdapat perkembangan kloroma inti padat dari leukemia di luar sumsum tulang Diagnosis Banding 1. Keadaan ini menyerupai leukemia akut.

Mekanisme terbentuknya kromosom Ph dan waktu yang dibutuhkan sejak terbentuknya Ph sampai menjadi CML dengan gejala klinis yang jelas, hingga kini masih belum diketahui secara pasti.

PatogenesisPada leukemia mielositik kronik terjadi hilangnya sebagian lengan panjang dari kromosom 22, yaitu kromosom Philadelphia Ph. Pada fase kronis, pasien sering mengeluh pembesaran limpa, atau merasa cepat kenyang akibat desakan limpa terhadap lambung. Pasien sering memiliki gejala yang berkaitan dengan pembesaran limpa, hati, atau keduanya. Pemeriksaan Penunjang Pemeriksaan penunjang yang penting untuk dilakukan pada kasus hematologi: Protein yang dihasilkan dari gabungan gen tersebut, meningkatkan proliferasi dan menurunkan apoptosis dari sel ganas.

Beberapa pasien dengan CML memiliki demam ringan dan berkeringat berlebihan terkait dengan hipermetabolisme. Referat Leukemia Full description. Kadar besi serum menurun pada anemia defisiensi besi. Sel yang paling reaktif adalah granulosit. Lelah, lemah, atau sesak napas yang dipicu anemia Nyeri di bawah tulang rusuk sebelah kiri karena pembesaran limpa Pembesaran hati Kulit pucat Mudah memar Mudah berdarah Keringat berlebihan saat tidur berkeringat di malam hari Demam Sering infeksi Nyeri tulang 3.

BMT harus dipertimbangkan dini pada pasien muda membutuhkan terapi pemeliharaan interferon.

VPN